Info Kesehatan

Mengupas Manfaat Dari Jahe Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Bumbu dapur adalah pelengkap masakan, jadi jika tidak ada bumbu dapur maka masakan tidak akan enak rasanya. Selain menjadi pelengkap makanan bumbu dapur juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan bumbu dapur yang memiliki fungsi seperti itu adalah jahe. Jahe adalah tanaman yang sangat mudah dijumpai di benua Asia khususnya Asia tenggara dan Indonesia adalah salah satu negara yang menghasilkan jahe terbaik. Rasa jahe itu agak pedas dan tekstur dari jahe itu kasar, tetapi dibalik rasa pedas dan bentuk kasar tersebut jahe menyimpan beribu manfaat untuk tubuh kita. Para peneliti di dunia telah melakukan beberapa penelitian mengenai jahe ini dan penelitian tersebut hasilnya adalah menemukan jahe itu dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

3 Manfaat Yang Didapat Dari Mengonsumsi Jahe

Dari dulu ada satu negara yang selalu menjadikan jahe untuk bahan membuat obat dan negara tersebut adalah negara Cina. Cina memang terkenal dengan kehebatannya dalam membuat obat tradisional yang ampuh melawan berbagai jenis penyakit dari yang tidak berbahaya sampai yang mematikan. Salah satu bahan yang sering sekali dijadikan bahan utama membuat obat tradisional Cina adalah jahe, untuk jahe yang dipakai itu ada dua macam yaitu jahe merah dan jahe putih.

Jahe memiliki aroma yang sangat khas jadi untuk membedakan jahe dengan tanaman lainnya sangat mudah, untuk jahe yang bisa dikonsumsi adalah jahe yang masih segar dan halus. Banyak cara untuk mendapatkan khasiat dari jahe ini, bisa dimakan secara langsung atau diseduh dengan air hangat. Memang untuk pertama kali yang memakan jahe akan tidak suka karena rasa pedasnya itu tidak terlalu enak. Tetapi di samping rasanya yang tidak enak ini terkandung banyak manfaat yang berharga, untuk mengetahui manfaat jahe ini dengan jelas maka berikut penjelasannya.

  • Mengurangi Masalah Pencernaan

Jahe dari dulu dipercaya dapat menghilangkan masalah pencernaan, jahe adalah satu bahan pokok untuk membuat tubuh memiliki metabolisme pencernaan yang sangat lancar. Hal tersebut dikarenakan jahe mengandung phenolic yang berfungsi untuk menghilangkan iritasi gastrointestinal, mencegah terjadi kontraksi perut, hingga membantu makanan bergerak lancar di pencernaan. Karena mengurangi kontraksi maka jahe sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena bisa mengurangi potensi mengalami keguguran pada saat hamil. Kadang kita sering susah buang gas dan merasa perut itu tidak enak akibat di tubuh itu terlalu banyak gasnya, untuk membuat gas ini keluar secara alami maka makan jahe menjadi jalan terbaiknya. Dengan makan jahe secara rutin maka kita sering buang gas dan perut menjadi enak rasanya juga buang air menjadi lancar.

  • Mencegah Penyakit Kulit

Manfaat berikutnya adalah jahe dapat membuat kulit terhindar dari penyakit, penyebabnya adalah jahe ini disebut dengan diaphoretic. Artinya adalah jahe bisa memicu keringat keluar dari tubuh jadi berbeda dengan air putih yang bisa menambah cairan tubuh malah jahe membantu mengeluarkan air keringat. Jangan salah mengeluarkan keringat juga sangat penting karena jika tidak berkeringat maka mikroorganisme yang bisa mengakibatkan infeksi pada kulit itu mudah masuk. Tetapi jika keringat keluar dengan semestinya dan tidak berlebihan maka tubuh akan terlindung dari segala penyakit kulit. Jadi dengan kita makan jahe akan membuat kulit selalu sehat dan tampak bagus sehingga rasa percaya diri kita menjadi naik dan tidak minder jika bepergian.

  • Mencegah Kanker

Manfaat yang terakhir adalah jahe dapat mencegah penyakit mematikan kanker, kanker adalah penyakit yang belum ditemukan obatnya. Jadi harapan pengidap kanker untuk sembuh sangatlah kecil apalagi jika penyakit kanker sudah masuk stadium 4 jelas pengidap harus banyak berdoa cepat sembuh. Untuk mencegah sel kanker ini tumbuh di tubuh maka jalan satu-satunya adalah dengan makan jahe. Salah satu penyakit kanker yang dapat dicegah adalah penyakit kanker usus dan itu semua telah dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan oleh Universitas di Minnesota. Selain kanker jahe juga bisa mencegah penyebaran sel tumor, jadi jika ada tumor yang tidak bisa lagi diangkat lewat operasi bisa dicegah untuk menyebar melalui makan jahe. Karena jahe telah dibuktikan khasiatnya lewat penelitian dan mampu menjadi salah satu obat mencegah berbagai penyakit mematikan maka konsumsi jahe sangat perlu.

Cara Membuat Minuman Dari Jahe

Makan jahe itu banyak caranya dari makan langsung atau diolah terlebih dahulu juga bisa, untuk mendapat khasiat ampuh dari jahe lebih baik makan jahe langsung saja. Tetapi jika tidak suka akan rasanya maka bisa dirubah makan jahe menjadi minum jahe, sudah banyak minuman sehat yang dibuat dari jahe. Minuman jahe ini bisa ditambahkan susu atau madu sebagai pemanis, dengan menambahkan itu semua bukan berarti khasiat jahe hilang malah makin terasa.